Manfaat Telur Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Manfaat telur untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi, karena telur banyak mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Telur sendiri memiliki beberapa bagian diantaranya adalah cangkang, kuning telur dan putih telur. Kuning telur sebenarnya adalah merupakan embrio yang nantinya akan menjadi ayam apabila telah dierami. Sedangkan putih telur merupakan cairan bening yang melindungi kuning telur.

Putih telur dan kuning telur memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang hampir sama, namun sayangnya masih banyak orang yang takut mengkonsumsi kuning telur karena terdapat kandungan kolesterol. Meskipun demikian, kuning telur masih dapat dikonsumsi asal tidak berlebihan.

Manfaat Telur Untuk Kesehatan


Manfaat Telur Untuk Kesehatan

Kuning telur memang mengandung kolesterol, namun bukan berarti kuning telur tidak sehat untuk kita konsumsi. Dalam kuning telur terdapat banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti misalnya B6, folat, B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Semua vitamin dan mineral tersebut memang diperlukan oleh tubuh dengan masing-masing kepentingan yang berbeda.

Kuning telur juga mengandung mineral lain seperti kalsium, magnesium, zat besi, potassium, sodium dan selenium. Beberapa kandungan tersebut sebenarnya juga terdapat pada bagian putih telur, namun kandungan tersebut tidak sebanyak pada kuning telur. Misalnya zat besi, pada kuning telur terdapat kandungan zat besi sebesar 93% sedangkan sisanya terdapat pada putih telur. Berikut ini beberapa manfaat telur untuk kesehatan tubuh kita seperti yang dikutip dari vemale.com.

Baik untuk kesehatan mata
Kandungan karotenoid pada kuning telur ini sangat besar. Karotenoid merupakan pigment yang memberikan warna kuning pada kuning telur yang dapat membantu menurunkan resiko degenerasi penglihatan serta katarak pada mata. Selain itu antioksidan yang terdapat dalam telur juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak retina mata.

Dapat membuat jantung sehat
Ternyata kuning telur juga dapat membuat jantung kita sehat, kandungan choline yang terdapat dalam kuning telur dapat membantu memaksimalkan fungsi kardiovaskuler. Berbagai penelitian telah membuktikan hal tersebut dan telur disarankan sebagai salah satu menu sarapan pagi.

Membantu perkembangan otak
Salah satu bagian telur yang dapat membantu perkembangan otak adalah kuning telur karena mengandung vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga dapat membantu perkembangan otak pada janin jika dikonsumsi oleh wanita hamil.

Selain beberapa manfaat diatas, protein yang terdapat dalam telur juga dapat membuat kita kenyang lebih lama. Telur memang banyak disarankan sebagai menu pelengkap gizi harian kita. Jadi tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi telur untuk mendapatkan manfaat telur untuk kesehatan secara maksimal. Selamat mencoba!