Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan

Manfaat kuning telur ternyata memiliki dampak yang positif bagi kesehatan meskipun selama ini kuning telur memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan. Kuning telur dianggap dapat membuat gemuk karena banyak mengandung kolesterol dan juga dapat membahayakan jantung. Meskipun demikian, kuning telur tetap memiliki manfaat sehat jika dikonsumsi dalam jumlah normal dan tidak berlebihan.

Bagian kuning telur memang tidak lebih sehat dari pada putihnya, karena di dalam putih telur terdapat semua protein yang disebut albumin dan zat ini dapat membuat jantung sehat. Namun kuning telur juga kaya dengan nutrisi penting sehingga masih bisa kita manfaatkan meskipun terdapat bahaya yang terkandung didalamnya.

Manfaat Kuning Telur


Manfaat Kuning Telur

Seperti yang dikutip dari health.detik.com, berikut ini beberapa manfaat sehat kuning telur bagi tubuh kita.

Meningkatkan testosteron
Dalam kuning telur terdapat zinc yang terkonsentrasi, Zinc atau seng merupakan trace mineral dan tidak mudah tersedia dalam sumber makanan. Sehingga dengan mengkonsumsi kuning telur dapat membantu pria untuk meningkatkan hormon laki-lakinya.

Mencegah penggumpalan darah
Ternyata kuning telur dapat menunda pembentukan penggumpalan darah.

Anti inflamasi (peradangan)
Kuning telur mengandung kolin yang merupakan zat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit bagi para penderita penyakit osteoporosis atau arthritis.

Baik untuk mata
Kuning telur dapat membantu mata dalam usia perkembangan untuk mempertajam penglihatan mata. Sehingga baik bagi anak-anak karena dapat membuat penglihatannya semakin baik.

Sumber vitamin B12
Kuning telur merupakan sumber yang paling terkenal untuk vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf.

Mencegah degenerasi otot
Kuning telur dapat menghentikan degenerasi otot. Nutrisi yang hadir dalam kuning telur membantu otot untuk rileks dan berkontraksi.

Kaya zat besi
Bagi ibu yang sedang hamil, kuning telur sangat baik karena mengandung zat besi yang banyak. Kebanyakan wanita pada umumnya memiliki kecenderungan untuk memiliki jumlah hemoglobin yang rendah. Sehingga dengan mengoknsumsi satu kuning telur mentah sehari dapat menjadi ide yang baik untuk wanita.

Manfaat telur memang sangat beragan, yang perlu diingat adalah seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, pasien jantung harus benar-benar menghindari kuning telur karena dapat berbahaya. Sekali lagi bahwa konsumsilah kuning telur secara normal dan tidak berlebihan. Anda juga bisa mendapatkan manfaat telur puyuh untuk kesehatan hanya dengan mengkonsumsinya. Semoga sedikit ulasan manfaat kuning telur diatas dapat bermanfaat.